Panduan Penilaian K13 SD Revisi 2018 PDF

Panduan Penilaian K13 SD  Revisi 2018 PDF

Panduan Penilaian K13 SD  Revisi 2018 PDF
Download Panduan Penilaian K13 SD  Revisi 2018 PDF

Panduan Penilaian K13 SD Revisi 2018 PDF - Mulai tahun pelajaran 2013/2014, Pemerintah telah memberlakukan kurikulum baru yang disebut dengan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pembelajaran berbasis aktivitas. Hal ini berimplikasi bahwa penilaian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran. Penilaian merupakan serangkaian kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk memeroleh data dan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian juga digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dan perbaikan proses pembelajaran.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan penilaian proses (formatif) dan hasil belajar (sumatif) berdasarkan Kurikulum 2013 pada tingkat SD sebagian pendidik (guru) merasakan penilaian sebagai beban terutama dalam hal melakukan teknik dan prosedur, pengolahan dan pelaporan hasil penilaian. Pendidik mengharapkan penilaian hasil belajar dalam Kurikulum 2013 sederhana dan mudah dilaksanakan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pendidik agar penilaian lebih bermakna dan implementatif dalam merencanakan, melaksanakan, mengolah, melaporkan hasil penilaian, adalah sebagai berikut.
  1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
  2. Penilaian menggunakan acuan kriteria, yaitu berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
  3. Sistem penilaian direncanakan sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian, sehingga hasil penilaian dapat digunakan untuk:
    • Mengetahui pencapaian Kompetensi Peserta Didik;
    • Bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar; dan
    • Memperbaiki proses pembelajaran.
  4. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut, berupa perbaikan proses pembelajaran, program remedial bagi peserta didik yang pencapaian kompetensi di bawah ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi ketuntasan.
  5. Sistem penilaian terpadu dimana penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran sehingga harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan observasi lapangan, maka dalam penilaian harus ditekankan pada proses, dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, produk, dan penugasan lainnya.
Penelusuran di Google berkaitan dengan Panduan Penilaian K13 SD  Revisi 2018 PDF mendapatkan beberapa kata kunci diantaranya :
  • Panduan Penilaian SD  Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pdf
  • Panduan Penilaian SD  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Pdf
  • Download Panduan Penilaian SD  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Pdf
  • Panduan Penilaian SD  2017 Pdf
  • Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD  Revisi 2018
Semua itu merujuk pada file yang kami bagikan kali ini, lebih jelasnya lagi bisa dengan mudah didapatkan melalui preview berikut ini ;

Preview File : Panduan Penilaian K13 SD  Revisi 2018


Itulah kiranya preview atau tampilan file dalam artikel yang dibagikan kali ini, bagi anda yang membutuhkan bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link berikut ini ;
Panduan Penilaian K13 SD  Revisi 2018 SIMPAN

Panduan Penilaian K13 SD Revisi 2018 PDF ini merupakan salah satu referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk Administrasi Guru, Kurikulum 2013 Edisi Revisi dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian di Google.

0 Response to "Panduan Penilaian K13 SD Revisi 2018 PDF"

Posting Komentar